Search

Vitamin dan Suplemen yang Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Daya ingat dapat menurun secara perlahan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bantu tingkatkan daya ingat seperti dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik untuk otak. Saat ini, beberapa produk vitamin dan suplemen untuk otak yang digadang-gadang mampu tingkatkan daya ingat. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih produk vitamin dan suplemen untuk otak tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dokter biasanya akan merekomendasikan vitamin dan suplemen tertentu, yang sesuai dengan kondisi kesehatan. Namun pada umumnya, jenis vitamin dan suplemen untuk otak yang dapat bantu tingkatkan daya ingat adalah:


Vitamin E.

Vitamin E mengandung sifat antioksidan yang bisa melindungi sel-sel saraf otak dari kerusakan dan dipercaya bisa meningkatkan daya ingat pada lansia. Namun, dosis konsumsi vitamin E juga perlu diperhatikan. Jika berlebihan, atau lebih dari 1000 IU, justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker prostat.


Vitamin C

Sama seperti vitamin E, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan otak, termasuk meningkatkan daya ingat. Vitamin ini juga memiliki sifat protektif yang dapat melindungi otak dari risiko kerusakan dan kehilangan daya ingat.


Vitamin D

Salah satu efek dari vitamin D adalah terganggunya kemampuan otak dalam menyerap informasi dan memproses memori. Secara alami, vitamin ini bisa didapatkan dari ikan salmon, tuna, telur, dan minyak ikan.


Vitamin B6

Mencukupi kebutuhan vitamin B6 setiap harinya bisa bantu tingkatkan daya ingat dan kemampuan otak dalam memproses informasi. Vitamin B6 secara alami bisa diperoleh dari telur, wortel, dan ikan tuna.


Vitamin B12

Asupan vitamin B12 sangat penting untuk melindungi otak dari kerusakan saraf. Vitamin ini juga bisa bantu tingkatkan daya ingat dan mengurangi risiko penurunan fungsi mental. Sebab, vitamin B12 dapat merangsang produksi mielin, yaitu zat lemak yang dapat melapisi serabut saraf otak dan sumsum tulang belakang.


Vitamin B9

Memiliki nama lain “asam folat”, vitamin B9 bermanfaat dalam membantu produksi sel darah merah dalam tubuh dan melancarkan suplai oksigen ke otak. Hal inilah yang membuat vitamin ini bisa bantu tingkatkan daya ingat.


Asam Lemak Omega-3

Salah satu nutrisi penting untuk perkembangan otak adalah asam lemak omega-3. Asupan asam lemak omega-3 dari sumber alami seperti ikan dan minyak sayur diyakini bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Asam lemak omega-3 juga banyak dijumpai dalam produk suplemen, seperti suplemen minyak ikan.

2 views0 comments

Recent Posts

See All