Search

Tips Efektif untuk Mengatasi Jenuh dalam Bekerja


Assalamualaikum sahabat, beberapa dari kita akhirnya kembali masuk setelah mungkin sempat WFH sebelumnya. Nah sahabat, tentunya dengan kembalinya beraktivitas di kantor kita akhirnya bisa kembali bertemu dengan teman kerja kita kembali.


Dengan fokusnya kita kembali kedalam pekerjaan setelah beberapa lama biasanya membuat kita akan kembali jenuh. Nah sahabat, ada beberapa tips agar produktivitas kita tetap optimal. Antara lain :


1. Ciptakan Target Baru dalam Bekerja


Andreas Elpidorou, profesor di University of Louisville, mengatakan bahwa rasa jenuh yang dirasakan dapat menjadi pertanda bahwa pekerjaan yang dikerjakan tidak mengalami perubahan dalam hal apa pun, termasuk ilmu yang didapatkan.


Cara untuk menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja, kamu bisa mencoba untuk menciptakan target baru dalam pekerjaan dan melakukan perubahan. Dengan begitu, kamu termotivasi untuk mendapatkan tujuan baru yang diciptakan dalam pekerjaan.


2. Belajar Kemampuan Lain


Sebaiknya kamu terus mengasah kemampuan dalam dunia pekerjaan, misalnya mengikuti seminar yang dilakukan di luar kantor. Melansir Life Hack, kamu bisa mencoba untuk mengasah kemampuan di bidang yang berbeda dengan pekerjaan saat ini.


Kamu bisa mencoba belajar hal lain yang selama ini tertunda untuk dikerjakan, misalnya mempelajari bahasa lain agar kemampuan bahasa meningkat. Selain meningkatkan kemampuan diri, tentunya keahlian bahasa yang dimiliki menjadi nilai tambah.


3. Ubah Rutinitas yang Biasa Dilakukan


Hindari bosan dengan pekerjaan dengan mengubah rutinitas. Jika pekerjaan kamu dapat dikerjakan dari mana saja, cobalah untuk mengganti suasana bekerja dengan melakukan pekerjaan dari toko kopi atau kafe yang nyaman. Namun, tetap pastikan produktivitas tidak terganggu dengan kondisi ini.


Jika kamu terbiasa mengonsumsi makan siang di kantor, sebaiknya manfaatkan waktu istirahat untuk makan di restoran favorit bersama teman-teman kantor agar menemukan suasana baru. Kegiatan ini juga membuat hubungan dengan teman kantor menjadi lebih akrab.


4. Buatlah Rencana Berlibur


Merasa jenuh dalam bekerja? Sebaiknya segera membuat rencana untuk berlibur! Melansir Medium, berlibur menjadi cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan dalam pekerjaan dan meningkatkan produktivitas saat kembali bekerja. Jadi, sebaiknya segera periksa hak cuti dan siapkan waktu yang tepat untuk berlibur bersama teman maupun keluarga.


5. Atur Meja Kerja dengan Rapi


Jika merasa bosan saat bekerja, coba perhatikan situasi tempat bekerja. Tempat kerja yang berantakan membuat suasana bekerja menjadi kurang nyaman dan memicu rasa bosan. Jadi, kamu bisa mencoba untuk merapikan meja kerja agar suasana menjadi lebih nyaman. Kamu juga dapat menambahkan tanaman hijau pada meja kerja. Melansir Forbes, meletakkan tanaman hijau yang sesuai dengan ukuran meja kerja membantu untuk menurunkan risiko gangguan kecemasan dan tingkat stres yang tinggi.

1 view0 comments

Recent Posts

See All