Search

Tidak Hanya Jeruk, Berikut Beberapa Buah Yang Tinggi Vitamin C




Vitamin C diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di semua bagian tubuh. Selain itu, manfaat lain dari vitamin C adalah:

  1. Membentuk protein penting yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.

  2. Menyembuhkan luka dan mencegah pembentukan jaringan parut.

  3. Memperbaiki dan memelihara tulang rawan, tulang, dan gigi.

  4. Membantu penyerapan zat besi.

  5. Vitamin C adalah salah satu dari banyak antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan nutrisi yang memblokir beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas dibuat ketika tubuh memecah makanan atau ketika kamu terpapar asap tembakau atau radiasi. Penumpukan radikal bebas dari waktu ke waktu sebagian besar bertanggung jawab atas proses penuaan.

Radikal bebas dapat berperan dalam kanker, penyakit jantung, dan kondisi seperti artritis. Tubuh tidak mampu membuat dan tidak dapat menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan banyak makanan yang mengandung vitamin C dalam makanan sehari-hari.


Tidak hanya buah jeruk, beberapa buah juga dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi antara lain pada blewah, kiwi, mangga, pepaya, nanas, stroberi, rasberi, blueberry, cranberry, dan semangka.


Pada beberapa jenis sayuran. Seperti brokoli, di mana satu cangkir brokoli cincang mentah mengandung 81 miligram vitamin C. Walaupun tidak sebanyak jeruk, kandungan ini bisa memenuhi asupan vitamin C per harinya. 


Brokoli merupakan sumber kalsium, kalium, serat, vitamin A dan K yang sangat baik, dan kaya antioksidan. Memasak brokoli dapat mengurangi kadar vitamin C-nya. Ada baiknya saat mengolah cukup dengan mengukus brokoli beberapa menit. 

Kol mentah juga merupakan sumber vitamin C yang bisa menjadi opsi lain selain brokoli dan buah-buah yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, berbeda dengan brokoli, justru dengan memasak kol kamu akan mendapatkan jumlah vitamin C yang lebih tinggi. 

Siapa bilang kentang hanya sebagai penambah kalori? Kentang ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang tidak boleh dianggap sepele. Sajian kentang panggang dengan topping sehat, seperti brokoli, salsa, atau setetes krim asam, bisa menambah asupan vitamin C dalam tubuh—selain enak juga rasanya. 

Pun, kentang terkenal dengan kandungan potasium niasin dan magnesium yang baik. Plus, makan kentang adalah cara yang baik untuk menambahkan serat ke dalam makanan selama kamu memakan kulit kentangnya juga. 

Menjaga asupan vitamin C sangat penting. U.S. Food and Nutrition Board merekomendasikan aturan takaran vitamin C sebagai berikut:

  • Bayi hingga 6 bulan harus mendapatkan setidaknya 40 miligram.

  • Anak-anak antara 4 dan 8 tahun harus mendapatkan 25 miligram.

  • Remaja antara usia 14 dan 18 harus mendapatkan sekitar 75 miligram di mana untuk anak laki-laki dan 65 miligram untuk anak perempuan, 

  • Berusia 19 dan lebih tua, kebutuhan potensialnya adalah 90 miligram untuk pria dan 75 miligram untuk wanita. Beberapa orang membutuhkan vitamin C tambahan, seperti perokok, yang seharusnya mendapatkan tambahan 35 miligram per hari. Wanita hamil membutuhkan 85 miligram, dan wanita menyusui membutuhkan 120 milligrm vitamin C.

1 view0 comments

Recent Posts

See All