Search

Mengenal Lebih Lanjut Tentang Sakit Jantung



Assalamualaikum sahabat, pagi ini dapat kabar mengejutkan tentang meninggalnya aktor muda yang baru berusia 40 tahun karena serangan jantung. Selain aktor dan model beliau dikenal sebagai coach dan mentor pelatih olahraga. Ternyata memiliki badan ideal dan rutin berolahraga juga tidak luput dari serangan jantung ini.


Perubahan gaya hidup dan berkembangnya teknologi yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan tanpa banyak bergerak dinilai menjadi faktor utama banyaknya penyakit jantung di usia muda dan sesuai dengan data BPJS menunjukkan bahwa serangan jantung 20 persen di bawah usia 30 tahun


dr. Ron Blankstein, dari Brigham and Women's Hospital divisi Cardiovascular mengatakan "Dulu sangat jarang melihat seseorang di bawah usia 40 tahun mengalami serangan jantung. Tapi saat ini, bahkan orang berusia 20-an dan awal 30-an bisa mengalaminya. Secara keseluruhan, sekitar 1 dari 5 pasien, atau 20 persen, berusia 40 atau lebih muda. Tetapi selama 10 tahun terakhir penelitian, proporsi pasien 40 tahun dan berusia lebih muda meningkat sekitar 2 persen setiap tahun.

Bahkan jika Anda berusia 20-an atau 30-an, begitu Anda mengalami serangan jantung, Anda berisiko mengalami lebih banyak kejadian kardiovaskular, dan Anda memiliki risiko yang sama besarnya dengan seseorang yang mungkin lebih tua daripada Anda"


Pemicu serangan jantung :

- Hipertensi

- Kadar Kolesterol yang tinggi

- Kurang bergerak

- Obesitas

- Merokok

- Mengkonsumsi Alkohol


Gejala Penyakit Jantung

- Nyeri dada

- Sesak napas atau napas berat

- Pusing

- Gelisah

- Keringat dingin


Akan tetapi, ada penderita serangan jantung yang tak mengalami gejala dan langsung mengalami henti jantung mendadak.


Pencegahan Penyakit Jantung


- Rutin melakukan medical check up untuk mengetahui kesehatan kita sendiri

- Memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan serat

- Menghilangkan lemak yang menumpuk di perut dan bagian tubuh lainnya

- Mengobati diabetes dan hipertensi

- Berolahraga secara teratur

- Berhenti merokok

- Menghindari minuman beralkohol

- Mengelola stres dengan baik


Nah setelah mengetahui penyebab, gejala dan pencegahan penyakit jantung ini, maka diharapkan sahabat DD Medika bisa dijauhi dari penyakit ini. Untuk medical check up dengan pelayanan terbaik, hubungi DD Diagnostik ya sahabat

0 views0 comments

Recent Posts

See All