Search

Mengenal Dexamethasone, Obat yang Dapat Menolong Pasien Covid-19 Kritis

Dilansir dari WHO, penelitian dari Universitas Oxford melaporkan dexamethasone dapat menurunkan tingkat kematian pasien kritis covid-19 yang sedang menggunakan ventilator hingga sepertiga kali dan pasien yang menggunakan tabung oksigen hingga seperlima.

"Ini merupakan studi pertama yang menunjukkan bahwa tingkat kematian bisa diturunkan pada pasien yang membutuhkan oksigen maupun yang sedang menggunakan ventilator" kata Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus. 

"Ini adalah kabar gembira dan saya menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah Inggris dan Universitas Oxford dan kepada rumah sakit serta pasien di Inggris yang sudah terlibat dalam dalam terobosan saintifik penyelamat hidup ini" tambahnya.


Menurut berbagai studi satu dari enam penderita Covid-19 mengalami kesulitan untuk bernapas. Sebanyak 40% yang mengalami kesulitan bernapas juga mengalami Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS). ARDS ini lah yang menjadi pemicu semakin parahnya kondisi pasien Covid-19 dan dapat berujung pada kematian. Sebagai obat anti-inflamasi, dexamethasone memang menjadi salah satu kandidat obat yang menjanjikan untuk penanganan Covid-19 terutama pada pasien yang parah kondisinya. 


Pasalnya pasien yang menderita Covid-19 parah umumnya mengalami respons inflamasi yang berlebihan sehingga memicu munculnya ARDS. Sehingga obat anti-inflamasi seperti dexamethasone juga digunakan untuk merawat pasien. Ini bisa menjadi penjelasan mengapa dexamethason efektif pada pasien yang Covid-19 yang parah.

Tentunya golongan obat anti-inflamasi tidak hanya dexamethasone saja. Obat-obatan lain yang berasal dari golongan non-steroid (NSAID) juga digunakan untuk melawan Covid-19.


Mengenal Dexamethasone

Dexamethasone merupakan obat steroid yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan (anti inflamasi), rheumatik arthritis, alergi dermatitis, rhinitis alergi


Efek Samping Dexamethasone

Dexamethasone dapat menimbulkan efek samping seperti reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.


Penggunaannya Dexamethasone

Berdasarkan efek samping yang ditemukan, pada dokter menggunakan Dexamethasone sebagai pengobatan jarak pendek. Sehingga penggunaan tanpa berkonsultasi dengan dokter dapat berbahaya



0 views0 comments

Recent Posts

See All