Search

Kelompok Penyakit Yang Dapat Meningkatkan Resiko Terkena Covid-19




Assalamualaikum sahabat DD Medika, saat ini COVID-19 dapat menyerang siapa saja, Namun ternyata COVID-19 diketahui lebih berisiko menyerang orang- orang dengan kondisi medis tertentu yang cenderung dapat menimbulkan komplikasi dan gejala yang lebih berat. Penyakit Tidak Menular yang Rentan terhadap COVID-19 seperti :


Gangguan pernafasan kronis

Orang yang memiliki masalah kesehatan kronis pada saluran pernapasan, seperti PPOK dan asma, berisiko tinggi mengalami gejala yang parah ketika terinfeksi virus Corona. Penderita gangguan pernapasan kronis akan lebih rentan terkena gangguan pernapasan berat, seperti serangan asma, pneumonia, atau bahkan gagal napas.


Diabetes

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh dan kerusakan pada berbagai organ tubuh sehingga penderita diabetes lebih rentan terkena COVID-19 dan komplikasi fatal akibat infeksi. Infeksi virus Corona juga dapat meningkatkan resiko komplikasi berbahaya dari penyakit diabetes, seperti ketoasidosis diabetik dan sepsis. Berbagai komplikasi diabetes tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kematian akibat COVID-19 pada penderita diabetes.


Penyakit kardiovaskular

Penderita penyakit kardiovaskular umumnya memiliki kondisi jantung yang kurang baik dan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah sehingga para penderita penyakit tersebut rentan terserang COVID-19 dengan gejala yang lebih berat sehingga resiko kematian akibat COVID-19 pada penderita penyakit kardiovaskular lebih tinggi


Penyakit ginjal

Walau COVID-19 sering menyerang saluran pernapasan, virus ini juga bisa merusak organ ginjal. Beberapa laporan telah menyebutkan bahwa sebagian penderita COVID-19 ada yang mengalami gagal ginjal akut, tanpa memiliki riwayat penyakit ginjal. infeksi virus Corona juga diketahuilebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal kronis, rutin menjalani prosedur cuci darah, atau orang yang pernah menjalani operasi transplantasi ginjal.


Kanker

Penderita kanker tergolong dalam kelompok yang berisiko tinggi terinfeksi virus Corona dengan gejala berat dan komplikasi serius hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh penderita kanker yang tidak kuat menghadapi infeksi

0 views0 comments

Recent Posts

See All