Search

Gym Saat Pandemi? Amankah?

Assalamualaikum sahabat, setelah dilonggarkannya PSBB kini beberapa tempat usaha mulai kembali buka salah satunya adalah tempat fitness maupun gym. Beberapa kekhawatiranpun terjadi, disatu sisi kita harus tetap terus berolahraga namun penyebaran covid-19 pun tidak mengenal tempat terlebih sekarang Indonesia telah mencatat hampir 40 ribu kasus Covid-19


Amankah olahraga di Gym saat pandemi?

Resiko penyebaran covid-19 di Gym termasuk tinggi mengingat kita harus berbagi ruangan dan mungkin AC dengan orang yang tidak dikenal selama setidaknya 1 jam. Belum juga dengan sharing penggunaan alat beban dapat menjadi tempat penyebaran virus Corona


Catherine Troisi, PhD, ahli epidemiologi di Texas University mengatakan olahraga di gym saat pandemi COVID-19 akan lebih sulit. Pasalnya, ada banyak bakteri yang menempel di mesin dan sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu, masyarakat mungkin perlu mempertimbangkan matang-matang untuk kembali ke sana. Namun, ketika Anda sudah yakin, ada beberapa upaya mengurangi risiko penularan COVID-19 di gym yang bisa dilakukan.


Tunda apabila Gym terlihat penuh

Tidak perlu memaksakan untuk masuk jika gym terlihat penuh dari luar, cari hari atau jam lain yang lebih sepi untuk berolahraga di gym


Lebih menjaga jarak dari orang lain

Orang yang berolahraga cenderung lebih sering mengeluarkan napas dan liur yang mungkin juga dapat melontarkan droplet lebih jauh. Sehingga menjaga jarak 2-3 meter akan lebih baik.


Lebih sering mencuci tangan

Sering tidak sadar menyentuh muka dengan menyeka keringat dapat berbahaya. Oleh karena itu lebih baik sering cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum atau sesudah menggunakan peralatan gym.


Membersihkan alat gym sebelum digunakan

Kita tidak dapat mengetahui apakah pengguna alat treadmill atau alat lainnya sebelum kita membawa penyakit atau tidak, oleh karena itu bersihkan terlebih dahulu sebelum kita gunakan.


Membawa lebih banyak handuk

Usahakan hanya menggunakan satu sisi handuk sebelum memasukkannya ke dalam tas. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menyentuh bagian handuk yang mungkin terkontaminasi dan menggosokkannya ke wajah atau mata.


Menyegerakan mandi setelah gym

Dengan membawa lebih banyak handuk, bukan berarti Anda dianjurkan untuk mandi di tempat gym usai olahraga di tengah COVID-19. Hal ini dikarenakan Anda akan berbagi ruangan yang cukup sempit dengan orang lain ketika mandi.


Apabila Anda tidak merasa nyaman pulang ke rumah dalam keadaan berkeringat, mandi di gym pun tidak apa dengan catatan tidak menghabiskan waktu terlalu lama. Setelah bersih-bersih di gym, sangat dianjurkan untuk kembali mandi di rumah sebagai upaya ekstra mencegah penyebaran COVID-19.

2 views0 comments

Recent Posts

See All