Search

Air Putih Untuk Kesehatan Ginjal




Assalamualaikum sahabat, seringkali kita dengar bahwa air putih diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun kira-kira sepenting apa kegunaan air putih untuk ginjal ya?


Melancarkan proses menyaring darah untuk membuang limbah

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kemampuan ginjal yang sehat dapat menyaring sekitar 150 liter darah per hari. Ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.


Menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh

Ginjal juga menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh dan membuat saraf , otot, dan jaringan untuk berfungsi normal. Ginjal juga akan berfungsi membuang ekstra air. Limbah hasil penyaringan dan ekstra air inilah yang dikumpulkan menjadi urine.


Mencegah terbentuknya batu ginjal

Fungsi air untuk menjaga kesehatan ginjal secara menyeluruh adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Harvard Health Publishing menyebutkan bahwa dehidrasi adalah faktor utama terbentuknya batu ginjal. Jika tubuh kekurangan cairan karena Anda kurang minum air putih, limbah tidak bisa dialirkan ke kandung kemih. Seiring waktu, limbah akan menumpuk dan membentuk batuan. Inilah yang Anda kenal dengan batu ginjal. Bila Anda minum cukup air, limbah dapat dikeluarkan tubuh dengan baik. Jadi, minum cukup air dapat menurunkan risiko batu ginjal.


Tips minum air untuk menjaga fungsi ginjal

Menjaga kesehatan ginjal bisa Anda lakukan dengan minum cukup air. Meski demikian, asupan air juga perlu memerhatikan hal tertentu. Sebenarnya, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Namun, Anda disarankan minum air setidaknya 8 gelas per hari. Jika aktivitas yang Anda lakukan memakan banyak energi atau membuat Anda berkeringat lebih banyak, maka asupan air juga jadi lebih banyak. Selalu bawa botol air kemana pun Anda pergi, terutama ketika menjalankan aktivitas di luar ruangan. Kecukupan asupan air bisa Anda perhatikan dari warna urine. Jika urine berwarna kuning gelap itu artinya Anda mengalami dehidrasi. Anda cukup minum air jika urine berwarna jernih.


Di sisi lain, tidak semua orang bisa minum air dalam jumlah banyak, contohnya pada orang yang punya penyakit ginjal. Mereka harus membatasi asupan air agar fungsi ginjal tidak semakin memburuk untuk menyaring darah dan menyeimbangkan cairan dan mineral tubuh. Oleh karena itu, konsultasikan pada dokter mengenai asupan air yang tepat.

0 views0 comments

Recent Posts

See All